Wednesday, October 17, 2018

Kode Tingkat Pengaman Motor Listrik


Pengaman Motor Listrik Pada perlengkapan listrik biasanya ada “name plate” atau satu plat yang ada keterangan tentang karakter dari perlengkapan itu, seperti tegangan kerja, arus, frekwensi, tingkat isolasi serta yang lain, ikut tercantum lambang atau logo yang terkait dengan aksi pengamanan, lihat gambar-1.

Lambang pada perlengkapan listrik itu dibagi jadi 3 tingkatan/klas, yakni:

• Klas I memberi info jika tubuh alat mesti dikaitkan dengan pentanahan.
• Klas II tunjukkan alat didesain dengan isolasi ganda serta aman dari tegangan sentuh.
• Klas III perlengkapan listrik yang memakai tegangan rendah yang aman, contoh mainan anak-anak.

Motor Matic Injeksi listrik bahkan juga didesain oleh pabriknya dengan potensi tahan pada siraman langsung air, lihat gambar-2. Motor listrik type ini pas dipakai di luar bangunan tiada alat pelindung serta masih kerja normal serta tidak punya pengaruh pada kapasitasnya. Name plate motor dengan IP 54, yang mengatakan perlindungan atas masuknya debu serta tahan masuknya air dari arah vertikal ataupun horizontal. 

Ada motor listrik dengan perlindungan ketahanan masuknya air dari arah vertikal saja gambar-3a, hingga cairan arah dari samping tidak terproteksi. Tetapi ada juga yang mempunyai perlindungan secara detail dari semua arah cairan gambar-3b. Ketidaksamaan perancangan ini mesti didapati oleh teknisi sebab punya pengaruh pada ketahanan serta usia tehnik motor, selain harga nya ikut berlainan.

Simbol Indek Proteksi Alat Listrik






Kode IP (International Protection) perlengkapan listrik tunjukkan tingkat perlindungan yang dikasihkan oleh selungkup dari sentuhan langsung ke sisi yang beresiko, dari masuknya benda asing padat serta masuknya air. Contoh IP X1 berarti angka X mengatakan tidak kriteria perlindungan dari masuknya benda asing padat. Angka 1 mengatakan perlindungan tetesan air vertikal. Contoh IP 5X, angka 5 perlindungan masuknya debu, angka X tidak ada perlindungan masuknya air dengan dampak mengakibatkan kerusakan. Tabel-1 adalah contoh lambang Indek perlindungan alat listrik yang dinyatakan dengan gambar.

***** Klik gambar untuk melihat lebih jelas *****

Location: Indonesia

0 comments:

Post a Comment